BERAS MERAH

Hai sobat pangan! Kembali lagi dengan saya di JADI WANITA DAN CINTA PANGAN
Kali ini saya hadir dengan sebuah artikel pangan yaitu mengenai BERAS MERAH. Pasti sobat semua sudah tahu kan apa itu beras merah?



Beras merah adalah beras yang hanya mengalami pengelupasan lapisan paling luar dan tidak melalui proses penggilingan. Beras memiliki beberapa lapisan kulit; jika semua lapisan ini dikelupas, maka didapatkan beras putih. Lapisan kulit inilah yang mengadung banyak serat, mineral, dan vitamin
Banyak teman-teman kita jika sedang diet maka akan mengkonsumsi beras merah. Mengapa demikian? Karena kandungan serat yang tinggi membuat Anda lebih kenyang dan tidak mudah lapar sehingga cocok untuk pola diet. 
Nasi putih memang memiliki rasa yang lebih enak daripada nasi merah namun, beras merah mengandung zat gizi baik yang tidak dipunyai nasi putih. Berikut adalah kandungan dalam beras merah:

Kandungan Gizi
Jumlah Per 
Kalori (kcal) 110
Jumlah Lemak 0,9 g
Lemak jenuh 0,2 g
Lemak tak jenuh ganda 0,3 g
Lemak tak jenuh tunggal 0,3 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 5 mg
Kalium 43 mg
Jumlah Karbohidrat 23 g
Serat pangan 1,8 g
Gula 0,4 g
Protein 2,6 g
Vitamin A0 IUVitamin C0 mg
Kalsium10 mgZat besi0,4 mg
Vitamin D0 IUVitamin B60,1 mg
Vitamin B120 µgMagnesium43 mg
Beras merah memiliki banyak manfaat loh sobat, diantaranya:

1. Menurunkan Berat badan
Banyak orang yang sudah banyak merasakan keampuhan beras merah untuk menurunkan badan. Selain karena rendahnya kandungan kalori pada beras merah akan sangat efektif membantu anda mencegah perut buncit atau kelebihan kalori. Kandunga karbohidrat kompleks beras merah akan menyuplai energi secara berkala pada tubuh sehingga perut tidak cepat merasakan lapar.
2. Sehat untuk Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga menyehatkan pencernaan sehingga menghindari permasalahan kesehatan yang dapat muncul di kemudian hari. Jadi mulai saat ini konsumsilah makanan alami untuk menjaga kesehatan jangka panjang. Serat ini sangat baik untuk usus dan membantu lancarnya metabolisme tubuh.
3. Mengontrol gula darah/baik untuk penderita diabetes
Bagi anda yang menderita diabetes, ada baiknya beralih ke beras merah karena kandungan seratnya sangat tinggi serta kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih.
4. Menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan Meningkatkan HDL (kolesterol baik)
Jika anda mengalami masalah dengan kolesterol, seperti halnya diabetes, anda wajib mengkonsumsi beras merah di bandingkan tetap mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok anda.
5. Mencegah terjadinya batu empedu
Dalam berbagai penelitian, makanan tinggi serat sangat dikaitkan dengan pencegahan batu empedu. Serat sangat mudah dicerna sehingga membantu dalam menlarutkan sisa makanan untuk membantu membentuk empedu yang sehat.
6. Sumber antioksidan
Beras merah merupakan salah satu sumber yang sangat baik untuk antioksidan, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya dapat membantu membuang radikal bebas dalam tubuh.
7. Menjaga kesehatan tulang
Magnesium merupakan zat selain vitamin D dan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan nutrisi magnesium juga terdapat pada beras merah sehingga membuatnya dapat membantu kesehatan tulang dan gigi.
8. Kemungkinan dapat mencegah kanker
Zat apa yang dapat mencegah kanker dan terdapat pada beras merah? Selenium serta polifenol yang terkandung dalam beras merah di yakini dapat mencegah kanker usus besar. Selain itu kandungan serat dan antioksidan yang tinggi tentu dapat membantu tubuh menghindari berbagai jenis kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

Bagaimana sobat? Banyak kan manfaatnya? Konsumsi beras merah yuk mulai sekarang!

See u on my next post!
Love,
Yelis.

Komentar

Postingan Populer