BUAH MALAKA, BUAH DARI SURGA




HALLO SOBAT PANGAN!
Ada yang tau buah apa yang diatas? Pasti cuma dikit nih yang tau! Hehehe. Ayo baca biar sobat pangan tau ini buah apa!
Buah diatas adalah BUAH MALAKA atau BUAH AMLA. Rasa buahnya masam (kecut) agak getir, namun setelah minum air putih, airnya akan rasa manis. WOW unik ya?

Buah Malaka merupakan buah yang banyak digunakan sebagai obat tradisional selama lebih dari 500 tahun SM. Buah tersebut termasuk dalam tanaman obat yang menjadi sumber pembuatan obat yang digunakan mayoritas penduduk dunia. Hal ini dikarenakan India merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar ke-2 di dunia. Buah ini digunakan dalam pengobatan tradisional India yang dinamakan Ayurvedic.       

Pada bahasa Sansekerta, buah malaka disebut sebagai Amalaki, Dhartiphala, Divya, dan Amrut yang diartikan sebagai buah dari surga. Selain itu, buah Malaka diartikan sebagai buah yang selalu ada dan melambangkan kemakmuran. Hal ini umumnya dikenal sebagai gooseberry India dan tumbuh di dataran dan saluran sub-gunung di seluruh India dengan ketinggian 200 meter hingga 1300 meter diatas permukaan laut. Menurut mitologi agama Hindu, pohon Malaka disembah sebagai Earth Mother,karena buah Malaka sangat bergizi bagi umat manusia. (Onions, 1994)

Buah malaka mengandung banyak komponen yang baik untuk kesehatan seperti Vitamin C dan tanin. Vitamin C dalam buah malaka dapat digolongkan tinggi karena berjumlah 600 mg/100g.  Karena kandungannya tersebut, buah malaka memiliki banyak manfaat. Berikut adalah manfaat-manfaat buah malaka:

1. Menghindari Kanker
Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah malaka atau amla berguna menolong menghindar perkembangan beberapa sel karsinogenik serta radikal bebas. Konsumsi buah malaka atau amla dengan teratur dapat menolong seorang untuk menghindar kanker perut, kulit, serta malahan juga terhindar dari kemungkinan kanker hati.
2. Mengurangi Kolesterol
Buah amla dikemas dengan vitamin C, asam amino, serta pektin hingga menolong kurangi cholesterol LDL dan tingkatkan kandungan cholesterol HDL. Hal semacam ini berguna juga membuat perlindungan arteri serta pembuluh darah dari lemak.
3. Menyehatkan Pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam buah malaka atau amla berguna menolong gerakan usus agar terus sehat. Alhasil, pengeluaran kotoran di saluran pencernaan jadi lebih teratur. Tidak cuma itu saja, buah malaka atau amla dapat juga menetralisir keasaman serta mempunyai dampak pendingin pada badan.
4. Turunkan Berat Tubuh
Buah malaka atau amla menolong dalam mendetoksifikasi badan dengan meniadakan seluruhnya zat beracun serta dengan cara tidak langsung turunkan berat tubuh Anda. Buah ini sangatlah pas Anda buat jadi untuk alternatif lain makanan diet Anda.
5. Mengontrol Tekanan Darah Tinggi
Buah malaka atau amla sangatlah efisien dalam mengatur tekanan darah tinggi. Selain itu, buah malaka atau amla juga menjadikan pikiran serta badan Anda lebih santai serta nyaman. Campur bubuk buah malaka atau amla dengan madu serta janganlah lupa untuk Anda mengkonsumsi sehari-hari agar memperoleh hasil yang paling baik.
6. Tingkatkan Aliran Darah
Buah malaka atau amla tingkatkan aliran darah pada badan, kurangi penyumbatan aliran darah ke jantung dengan tingkatkan alirannya. Serta lagi dengan kandungan antioksidannya, amla dapat bersihkan toksin dari badan membuat perlindungan hati dari rusaknya. Serta, buah malaka atau amla telah banyak dipakai dalam penyembuhan sirosis hati serta hepatitis.
7. Menguatkan Jantung
Buah malaka atau amla melindungi pembuluh darah serta arteri supaya senantiasa bersih. Kandungan zat besi dalam mempromosikan pembentukan sel darah merah aru serta dengan cara tidak langsung kurangi kemungkinan serangan jantung.
8. Melindungi Kesehatan Mata
Minum juice buah malaka atau amla yang digabung madu dapat melakukan perbaikan keadaan kesehatan mata.
9. Menolong Penyerapan Kalsium
Ada kandungan vitamin C menjadikan buah malaka atau amla bisa menolong penyerapan kalsium dengan cara maksimal yang bakal menjadikan tulang, gigi, serta kuku dalam keadaan sehat.
10. Menangani Diabetes
Konsumsi juice buah malaka atau amla bakal mengaftikan beragam jenis sel yang nanti bakal meransang produksi hormon insulin. Kandungan gula yang terlalu berlebih dalam darah kelak bakal di ambil untuk jadikan energi, hingga kandungan gula dalam darah bakal terus stabil.
11. Menjaga Kesehatan Kulit
Buah malaka atau amla kaya kandungan vitamin C. Oleh karena itu konsumsi buah malaka atau amla dapat menolong anda memperoleh kulit halus. Selain itu, vitamin C dapat juga menolong keluarkan toksin dari badan serta menghindar jerawat
12. Memcegah Penuaan Dini
Mengkonsumsi buah malaka atau amla bakal kurangi kandungan radikal bebas pada badan. Radika bebas dapat mengakibatkan beragam jenis penyakit serta mengakibatkan terjadinya penuaan dini.
13. Menjaga Kesehatan Rambut
Konsumsi buah malaka atau amla dengan cara langsung atau memoleskan pasta buah malaka pada rambut dengan cara langsung bakal menjadikan rambut makin sehat serta kuat.

Banyak ya sobat manfaat-manfaat buah malaka. Namun sayang, saat ini di daerah Jakarta dan sekitarnya jarang ditemukan buah malaka. Namun jika mau mencari, pasti dapat kok! Mari teman-teman kita konsumsi buah malaka agar tubuh menjadi sehat!



See u on my next post sobat!
Love,
Yelis.

Komentar

  1. Buah Malaka / Buah Amla / Buah Kalimoko Segar
    https://tokopedia.link/hQPKjizNvT

    BalasHapus
  2. Jika membutuhkan buah malaka jangan sungkan-sungkan buat mampir di www.jualkemloko.com Kami menyediakan buah malaka segar maupun kering

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer